Laman

Minggu, 29 Mei 2011

Tips Microsoft Excel : Menggunakan Icon Dalam Sebuah Data


Dalam memberikan sebuah penilaian terhadap suatu nilai ujian tidak harus selalu berisi angka atau abjad atau huruf, bisa jadi kita juga memberikan variasi yang memberikan informasi jika nilai yang didapat oleh Siswa/Murid/Mahasiswa tersebut diatas rata-rata atau tidak atau malah dibawah nilai yang ditetapkan.
Misalkan dengan tanda panah yang muncul disamping nilai tersebut informasi sudah kita dapatkan.
Coba perhatikan gambar dibawah ini :
adanya tanda panah yang menunjukkan keatas, kebawah, samping dan serong bisa memberikan gambaran nilai yang diraih oleh setiap siswa.
Hal ini mengingatkan kita tentang perolehan point dalam sebuah perlombaan semacam Grand Prix atau Formula I. Nah cara tersebut bisa kita terapkan di sekolah atau indtansi dalam menampilkan data-data yang berupa angka dan untuk keterangannya disesuaikan dengan data tersebut.
Ok sekarang perhatikan contoh data yang saya buat :
Daftar Nilai Ujian Siswa
Daftar Nilai Ujian Siswa
Data diatas memang sudah cukup mewakili informasi yang dibutuhkan tentang kondisi nilai hasil ujian para siswa kelas A1 di SMA Negeri Diatas Awan. Nah disini kita akan menambah semacam variasi agar data tersebut bisa menunjukkan bahwa nilai yang diraih oleh siswa tersebut menunjukkan kriteria yang ditunjukan oleh tanda panah sebagai berikut :
  • Panah keatas menunjukkan nilai rata-rata ujian yang diraih siswa jauh melampaui nilai rata-rata kelas.
  • Panah kesamping mendatar menunjukkan nilai rata-rata ujian yang diraih siswa sama atau mendekati nilai rata-rata kelas.
  • Panah serong kekanan (atas)  menunjukkan nilai rata-rata ujian yang diraih siswa diatas nilai rata-rata kelas.
  • Panah serong kekanan (bawah) menunjukkan nilai rata-rata ujian yang diraih siswa dibawah (sedikit) nilai rata-rata kelas.
  • Panah kebawah menunjukkan nilai rata-rata ujian yang diraih siswa jauh dibawah nilai rata-rata kelas.
Bisa dipahami, jika sudah maka cara yang kita lakukan adalah dengan menggunakanConditional Formatting , seperti gambar disamping.
Caranya mudah sorot data yang ingin kita buat tanda panah tersebut yaitu di Total Penilaian atau Cell H7 sampai H16 kemudian klik Conditional Formatting lalu arahkan cursor ke Icon Sets dan pilih tanda panah yang berada dikanan kedua dari bawah, persis gambar dibawah ini (perhatikan arah tanda panah):
Dan hasilnya adalah……..
Monggo bikin sendiri aja ya dan Fungsi yang ada di Conditional Formatting bisa digunakan selain tanda panah tersebut….kalau mau unduh contoh filenya ya disini via Rapidshare atau disini via Ziddu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar