Laman

Minggu, 29 Mei 2011

Tips Microsoft Excel : Membuat Grafik Untuk Kolom yang Berbeda


Tulisan ini adalah terinspirasi setelah saya menjawab sebuah email dari seorang sahabat baru saya yang menanyakan cara membuat grafik dan dari situpula secara tidak sengaja saya membuat grafik tidak dalam satu kolom dan baris tapi dalam kolom yang berbeda.
Mungkin pembaca agak bingung dengan maksud saya tersebut, oke sekarang saya ilustrasikan hal tersebut seperti ini (data ini adalah rekaan hanya perumpamaan) :
Jika kita disuruh membuat Grafik dengan data diatas dan yang diambil adalah data yang ada dikolom A, B, C dan D mungkin akan dirasa cukup mudah karena cukup dengan mensort mulai dari Cell A3 hingga Cell D9 kemudian kita pilih Tab Insert lalu di Chart kita pilihColumn , sudah pasti grafik akan muncul dengan seketika, dan seperti dibawah ini :
Sekarang seandainya data yang ingin ditampilkan dalam grafik tersebut adalah data yang berada di Kolom A, E, F dan G….caranya sedikit berbeda dengan cara pertama, yaitu
  1. Arahkan cursor disembarang tempat artinya ditempat kosong yang tidak ada data dan setelah itu pilih Tab Insert lalu di Chart kita pilihColumn maka akan muncul Grafik dengan data yang kosong.
  2. Kemudian pilih Select Data dan akan muncul Form Select Data Source, seperti ini :Klik Chart data range dan arahkan cursor ke data yang berisi dengan data nama provinsi dengan cara di sort dari Cell A3 sampai A9.
  3. Masih di Form Select Data Source klik Add dan akan muncul Form Edit Series, seperti ini :Untuk Series name bisa dengan memilih range dari data yang ada atau kita isi manual dengan diberi nama SMP. Selanjutnya diSeries Values kita klik dan arahkan cursor ke data yang berisi lulusan SMP yaitu mulai dari Cell E4 sampai E9 dan tekan OK.
  4. Lakukan hal yang sama dengan cara diatas untuk mendapatkan data Lulusan Siswa SMU dan PT. dan masing-masing data di Series name diberi nama SMU dan PT.
  5. Jika itu sudah dilakukan maka hasilnya akan seperti ini :Grafik sudah jadi tapi ada yang janggal yaitu nama Provinsi tidak muncul  justru ada disamping dan yang dibawah berisi angka 1,2,3,…..bukan nama provinsi yang dimaksud.
  6. Untuk mengganti angka-angka tersebut kita lakukan dengan cara (masih dalam Form Select Data Source) perhatikan kolom disebelah kanan yang ada tulisan Horizontal (Category) Axis labels, pilih Edit maka akan muncul Form Axis Label kemudian Select Range dan arahkan cursor ke nama-nama provinsi tersebut yaitu Cell A4 sampai A9 kemudian enter dan OK tak lupa OK sekali lagi.
  7. Maka data yang ada di grafik yang sebelumnya berisi angka berubah menjadi nama provinsi. Tapi disamping kanan atas nama Provinsi masih muncul dan untuk menghilangkannya klik ke arah nama provinsi tersebut kemudian klik sekali lagi kemudian hapus atau Del maka secara otomatis data yang ada disamping adalah SMP, SMU dan PT.
  8. Untuk memberi judul atas grafik tersebut misalkan dengan judul Data Lulusan Sekolah di tiap Propinsi di Pulau Jawa. Caranya dengan klik grafik maka akan muncul Chart Tools dan pilih Chart Layout seperti gambar dibawah ini : ketika kita klik salah satu misalkan nomor 3 dari kiri atas (ada kota warna kuning) maka tampilan grafik seperti ini :Selanjutanya tugas kita jadi mudah, tulisan Chart Title tinggal diubah sesuai judul yang ingin kita tampilkan.
  9. Sedikit catatan untuk langkah 1 (pertama) bisa juga dilakukan dengan cara lain yaitu Sort data Nama Provinsi kemudian pilih Tab Insert lalu di Chart kita pilih Column maka akan muncul grafik dengan data nama provinsi dan selanjutnya kita tinggal melakukan langkah ke-3 dan seterusnya.
Dan ada satu cara lain yang langsung jadi dan sangat mudah tanpa perlu membuat langkah 1 sampai dengan 7 yaitu dengan cara : tekan dan tahan tombol CTRLkemudian arahkan cursor ke data Nama Provinsi dengan cara mensort dari Cell A3sampai A9, dan masih dalam kondisi  menahan tombol CTRL arahkan cursor ke Data lulusan SMP sampai Lulusan PT yaitu Cell E3 sampai G9 selanjutnya pilih Tab Insertlalu di Chart kita pilih Column , sudah pasti grafik akan muncul dengan seketika….hehehehehe.
Mudah bukan…..selamat mencoba dan jangan lupa disimak tulisan ini karena siap tahu kelak akan muncul di QUIZ Excel selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar